Kanal C (C Channel)

Baja ringan merupakan material yang populer dalam dunia konstruksi, yang disebut sebagai pengganti material kayu yang kini semakin sulit dicari dan harganyapun kian mahal. Baja ringan memiliki bahan dasar carbon steel dengan jumlah karbon berkisar 0.05%- 0.25% dari beratnya. Jumlah karbon yang rendah tersebut disebut sebagai baja karbon rendah. Sedangkan, kandungan karbon dari 0,30%-2,0% disebut sebagai baja karbon tinggi. Rendahnya karbon menunjukkan bahwa baja ringan mampu menghasilkan kekuatan tarik yang lebih sedikit dibandingkan dengan baja karbon tinggi. bentuk baja ringan bermacam-macam dan memiliki kegunaannya masing-masing.

Kanal C 3 Konstruksi rangka atap baja ringan
Kanal C 3 Konstruksi rangka atap baja ringan

Salah satu bentuk baja ringan yaitu kanal C. Kanal C memiliki bentuk yang sesuai dengan huruf C dan ukurannya dibedakan sesuai dengan ukuran ketebalannya. Ukuran ketebalan bentuk baja ringan kanal C umumnya yaitu 0.60 mm, 0.75mm dan 1 mm. Ukuran ketebalan yang bermacam-macam difungsikan untuk hal yang berbeda pula. Misalnya saja bentuk baja ringan kanal C ukuran 0.75mm. Pada umumnya, kanal C dengan ukuran 0.75 mm digunakan untuk pembuatan kuda-kuda pada atap dengan beban yang ringan. Misalnya saja genteng metal, asbes, spandek dan atap ringan lainnya. Kanal C 75×0.75 juga bisa digunakan untuk dudukan plafon, gordin, kolom profil bangunan serta partisi dinding dan jendela.

Kanal C baja ringan konstruksi atap kuat
Kanal C baja ringan konstruksi atap kuat

Kemudian untuk kanal C 75x1mm umumnya digunakan sebagai pembuatan kuda-kuda untuk atap beban berat, seperti genteng keramik, genteng beton, genteng tanah dan genteng lain yang memiliki berat diatas 59 kg basah. Pada umumnya, material baja ringan banyak diaplikasikan dalam dunia industri. Beberapa kegunaannya yaitu sebagai berikut.

Jenis ketebalan C Channel yang tersedia adalah sebagai berikut:
C75. 100
C75. 095
C75. 075
C75. 070
C75. 065
C75. 060
C75. 055